Kutukan Tuan Rumah Piala Afrika

Corner  
Piala Afrika 2021 (Twitter/@CAF_Online)
Piala Afrika 2021 (Twitter/@CAF_Online)

Piala Afrika 2021 telah memasuki babak semifinal. Pada abad 21 ini, tuan rumah Piala Afrika biasanya tidak pernah berhasil melenggang hingga partai final alias partai puncak. Apakah kutukan itu akan menerpa Kamerun yang sekarang menjadi tuan rumah perhelatan Piala Afrika 2021?

Piala Afrika sudah digelar sebanyak 11 kali selama periode abad milenium ini. Dari jumlah tersebut, hanya ada tiga kali tuan rumah lolos ke final dan akhirnya keluar sebagai juaranya. Selebihnya yakni sebanyak sembilan kali tuan rumah kandas di babak semifinal.

• BOCOR, Ini Video Pemain Mesir dan Maroko Adu Jotos di Ruang Ganti

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketiga tuan rumah tersebut yakni Mesir, Tunisia dan Ghana-Nigeria. Mesir yang menjadi tuan rumah Piala Afrika 2006, lolos ke partai final usai menyingkirkan Senegal 2-1. Di partai puncak, Mesir mengalahkan Pantai Gading lewat adu penalti 4-2 setelah babak normal berakhir imbang tanpa gol.

Namun, baru dua tahun lalu, Mesir sebenarnya terkena kutukan tuan rumah Piala Afrika 2019. Ironisnya, Mesir yang menyandang status tuan rumah sekaligus pemegang 7 kali gelar juara Piala Afrika itu sudah tersingkir di babak 16 besar. Lebih tragisnya lagi, Mesir tersingkir usai kalah tipis 0-1 dari Afrika Selatan lewat gol injury time Thembinkosi Lorch ketika pertandingan tersisa 5 menit.

Selain Mesir, tim yang terlepas dari kutukan tuan rumah adalah Tunisia. Menjadi tempat perhelatan Piala Afrika 2004, Tunisia melenggang ke partai puncak. Tunisia pun akhirnya menjadi Raja Afrika dengan mengalahkan Maroko dalam duel derbi utara.

Satu lagi adalah Ghana dan Nigeria yang menjadi tuan rumah bersama Piala Afrika 2000. Ghana sudah lebih dulu tersingkir di babak perempat final, sementara Nigeria mampu melenggang hingga ke partai final. Sayangnya, di partai puncak, Nigeria dipaksa menyerah 3-4 oleh Kamerun dalam drama adu penalti.

Sekarang, akan kah kutukan tuan rumah menerpa Kamerun. Di babak semifinal, tuan rumah Kamerun akan menghadapi lawan kuat Mesir pada Kamis (3/2/2022) besok. Babak semifinal lainnya menyajikan derbi barat antara Burkina Faso versus Senegal pada Rabu (2/2/2022) ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image