Kok Bisa Persik Geser Barito, Padahal Kalah Selisih Gol?

Liganesia  
Liga 1 Indonesia (Twitter/@Indosiar)
Liga 1 Indonesia (Twitter/@Indosiar)

KARTUMERAH – Persik Kediri mengejutkan Madura United FC pada pekan ke-20 BRI Liga 1 2022/2023. Macan Putih berhasil memetik kemenangan 2-0 dari menjamu Madura United FC di Stadion Brawijaya, Kediri, pada Selasa (24/1/2023) sore.

Kemenangan ini membawa Persik Kediri melepaskan diri dari posisi juru kunci dengan naik satu strip ke posisi ke-17 klasemen. Laskar Jayabaya menggeser PS Barito Putera yang terpaksa turun satu tingkat ke posisi juru kunci dengan menempati urutan ke-18 klasemen. Sementara, posisi ke-16 klasemen masih ditempati RANS Nusantara FC.

Tiga penghuni zona degradasi ini sama-sama mengoleksi 16 poin. RANS Nusantara memiliki selisih gol paling kecil yakni -16 (minus 16), disusul Persik Kediri (-13) dan PS Barito Putera (-11).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tapi, mengapa PS Barito Putera yang memiliki selisih gol lebih besar, justru menempati posisi juru kunci? Sebaliknya RANS Nusantara yang selisih golnya paling kecil, posisinya di klasemen justru lebih baik dibanding Persik dan Barito Putera?

 

Seperti dikutip dari situs resmi liga, peringkat klasemen Liga 1 2022/2023 ditentukan oleh jumlah poin yang diperoleh klub dari hasil pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan. Jika ada dua atau tiga klub memiliki poin sama, maka penentuan peringkatnya ditentukan berdasarkan poin head-to-head.

Berdasarkan poin head-to-head, RANS Nusantara FC memiliki koleksi 4 poin dari hasil mengalahkan PS Barito Putera (2-1) dan menahan imbang Persik Kediri (1-1). Macan Putih, julukan Persik Kediri, mengumpulkan 2 poin dari hasil imbang lawan Barito Putera (2-2) dan RANS Nusantara (1-1).

Barito Putera memiliki poin head-to-head paling kecil, yakni 1 poin dari hasil kekalahan atas RANS Nusantara FC (1-2) dan imbang lawan Persik Kediri (2-2). Jadi, klub berjuluk Laskar Antasari ini yang akhirnya menempati posisi buncit klasemen.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image