Liga Spanyol

Real Madrid Vs Barcelona: Rivalitas Termahal Sepanjang Sejarah El Clasico

Real Madrid (Twitter/@realmadriden)
Real Madrid (Twitter/@realmadriden)

KARTUMERAH – Tuan rumah Real Madrid berhasil menundukkan rival abadi Barcelona 3-1 di laga pekan kesembilan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, pada Ahad (16/10/2022) malam WIB. Laga semalam tercatat sebagai rivalitas termahal sepanjang sejarah El Clasico.

Pertandingan semalam tidak sekadar memperlihatkan pertunjukan bakat sepakbola dan kemegahan olahraga, tetapi juga kekuatan ekonomi. Baik Real Madrid dan Barcelona telah menghabiskan banyak uang untuk mengoleksi beberapa pemain termahal.

‘’Real Madrid dan Barcelona memang memiliki beberapa talenta lokal di barisan mereka, seperti Nacho, Dani Carvajal, Ansu Fati dan Gavi. Namun, kedua tim menonjol karena pemain mahal yang diimpornya,’’ sebut laporan Marca.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada musim panas ini saja, meskipun kas keuangannya sedang genting, Barcelona menggelontorkan sekitar 158 juta euro (plus biaya tambahan lainnya) untuk menyegarkan skuad mereka. Sejumlah pemain baru hadir seperti Robert Lewandowski, Raphinha, Franck Kessie, Andreas Christensen, Jules Kounde, Marcos Alonso, Hector Bellerin dan Pablo Torre.

Sementara, Real Madrid menghabiskan 80 juta euro hanya untuk satu pemain: Aurelien Tchouameni. Mereka juga memboyong Antonio Rudiger dengan gratis dari Chelsea.

Real Madrid secara sadar telah pindah dari pemain 'Galactico' yang berbandrol mahal. Los Blancos kini lebih menyukai bintang muda dan kurang mapan. Tetapi, mereka tetap masih mengeluarkan banyak uang untuk memperkuat tim mereka.

Setelah menghabiskan banyak uang untuk mendatangkan Eden Hazard (115 juta euro), mereka memboyong Aurelien Tchouameni (80 juta euro), Eder Militao (50 juta euro), Ferland Mendy (50 juta euro), Vinicius Junior (45 juta euro), Rodrygo Goes (45 juta euro). Total Los Merengues menggelontorkan 385 juta euro (Rp 5,7 triliun) untuk membangun skuad bintangnya.

Barcelona bangga dengan La Masia dan beberapa bintang paling cemerlang mereka datang dengan biaya kecil. Tetapi, mereka juga harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mengimpor pemain.

Ada Ousmane Dembele (105 juta euro plus variable tambahan 40 juta euro), Frenkie De Jong (75+11 juta euro), Ferran Torres (55+10 juta euro), Jules Kounde (50+10 juta euro), Raphinha (48+12 juta euro), Robert Lewandowski (45+5 juta euro). Barca telah menggelontorkan 466 juta euro (sekitar Rp 7 triliun) untuk membangun skuad impiannya.

Dua klub dengan banyak perbedaan semalam saling bertarung. Tetapi, mereka memiliki satu kesamaan besar yang membedakan mereka dari klub lain: kekuatan finansial mereka.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0