Ini Filosofi yang Diajarkan Xavi di Barcelona

Barca  
Xavi Hernandez. (Twitter/@BarcaUniversal)
Xavi Hernandez. (Twitter/@BarcaUniversal)

KARTUMERAH – Gelandang muda Barcelona, Pedri, mengagumi klubnya yang memainkan filosofi sepakbola indah. Pemain yang baru berusia 19 tahun ini pun membeberkan kunci sepakbola indah klub Catalan tersebut.

Kepada Guardian, seperti dikutip dari Diario Marca, Pedri membeberkan model dan taktik yang diajarkan pelatih Xavi Hernandez di Barcelona. ‘’Xavi memiliki ide yang sangat jelas, sebuah model. Dan, dia sangat jelas ketika menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh masing-masing pemain,’’ kata Pedri.

Pedri pun menceritakan peran penting pemain gelandang yang diajarkan Xavi. Pemain lini tengah menjadi ruh permainan yang menghubungkan lini depan dan lini belakang ketika menyerang ataupun bertahan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pemain gelandang harus berada di antar lini, mengatur bola tetap mengalir dari satu sisi ke sisi lain,’’ kata Pedri. ‘’Hal-hal yang seperti dia (Xavi Hernandez) lakukan ketika masih bermain. Itu sungguh spektakuler. Dia sekarang coba menanamkannya pada diri kami."

Penguasaan bola menjadi hal penting dalam sepakbola indah Barcelona. Ritme permainan bisa terganggu jika mereka kehilangan bola.

Jika kehilangan bola, pemain gelandang tidak hanya harus bisa merebutnya kembali. Tapi, mereka juga harus turun membantu pertahanan agar tim lawan tidak mencetak gol.

‘’Para pemain gelandang harus bisa mempertahankan posisi. Jika keluar posisi atau kehilangan bola, Anda tidak dapat menekan sesuai yang Anda butuhkan. Anda tidak akan mencapainya,’’ kata Pedri. ‘’Dia juga ingin gelandang langsung berbalik, menghadang lawan dari mencetak gol.’’

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image