Final Liga Champions: Duo Muslim Berebut Ballon dOr

Corner  
Sadio Mane berpeluang menyaingi Karim Benzema dalam perebutan Ballon d'Or musim ini. (Twitter/@LFC)
Sadio Mane berpeluang menyaingi Karim Benzema dalam perebutan Ballon d'Or musim ini. (Twitter/@LFC)

KARTUMERAH – Liverpool akan menantang Real Madrid di final Liga Champions di Stade de France, Paris, pada Sabtu (28/5/2022) malam waktu setempat. Kemenangan akan membuka lebar peluang Karim Benzema ataupun Sadio Mane memenangkan penghargaan Ballon d’Or musim ini.

Manager Liverpool, Juergen Klopp, tidak memungkiri kemungkinan tersebut. Menurut pelatih asal Jerman tersebut, Ballon d’Or selama beberapa tahun terakhir ini menjadi persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

‘’Karena Anda bukan Ronaldo ataupun Messi, maka Anda harus menjuarai Liga Champions untuk memperbesar peluang meraih Ballon d’Or,’’ kata Klopp, seperti dikutip Marca, Sabtu. ‘’Hanya itu (menjuarai Liga Champions) satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Begitulah yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.’’

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Benzema Terdepan
Striker Real Madrid, Karim Benzema, yang paling difavoritkan untuk meraih Ballon d’Or musim ini. Pemain Muslim asal Prancis ini sukses membawa Real Madrid mengunci gelar La Liga 2021/2022 usai menghancurkan Espanyol 4-0 pada akhir April. Ia pun menyumbang satu gol dan satu asissts dalam laga di Santiago Bernabeu tersebut.

Selain itu, Benzema menguasai puncak daftar topskorer La Liga dengan torehan 27 gol dari 32 pertandingan. Benzema pun memimpin daftar top asissts bersama winger Ousmane Dembele (Barcelona) dengan 13 asissts.

Benzema tidak hanya bersinar di kancah domestik La Liga Spanyol, tapi juga pentas Liga Champions. Ia memimpin puncak daftar topskorer dengan torehan 15 gol dari 11 pertandingan.

Selain kancah Liga Champions, Benzema juga sukses membawa Timnas Prancis menjuarai UEFA Nations League musim ini. Di partai final, Prancis mengalahkan Spanyol 2-1 dan Benzema menyumbang satu gol.

Mane Berpeluang
Legenda Arsenal, Thierry Henry, sebelumnya menyebut Mane berpeluang besar menyaingi Benzema dalam persaingan memperebutkan Ballon d’Or. Syaratnya yakni Mane mesti mampu membawa Liverpool meraih quadruple (empat gelar juara) musim ini.

Peluang quadruple memang sudah tertutup setelah Manchester City akhirnya keluar sebagai juara Liga Primer Inggris. Namun demikian, Mane masih berpeluang membawa Liverpool meraih treble winner (tiga gelar juara) dalam satu musim.

Setelah menjuarai Piala Liga Inggris dan Piala FA, striker Muslim asal Senegal itu berpeluang mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions 2022. Mane sebelumnya membawa Timnas Senegal menjuarai Piala Afrika 2021 untuk pertama kali dalam 65 tahun.

"Saya masih berpikir Benzema di depan (dalam perebutan Ballon d’Or),’’ kata Henry. ‘’Tetapi, Mane bisa menjadi lawan yang cukup kuat dan itu akan bagus untuk Afrika.’’

Mohammed Salah, rekan Mane di lini depan Liverpool, pun masih berpeluang. Bersama Son Heung-Min (Tottenham Hotspur), Salah memenangkan daftar topskorer Liga Primer Inggris musim ini dengan torehan 23 gol dari 35 pertandingan. Sama seperti Benzema, striker Muslim asal Mesir ini pun menguasai daftar top assist Liga Inggris dengan 13 assist.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image