'Ferrari di Garasi Liverpool': Senjata Rahasia Klopp Hancurkan Real Madrid

Madrid  
Liverpool akan menghadapi Real Madrid di partai final Liga Champions di Stade de France, Paris, pada 28 Mei 2022. (Twitter/@LFC)
Liverpool akan menghadapi Real Madrid di partai final Liga Champions di Stade de France, Paris, pada 28 Mei 2022. (Twitter/@LFC)

KARTUMERAH – Pelatih Juergen Klopp melakukan sembilan perubahan saat Liverpool mengalahkan Southampton 2-1 di laga Liga Primer Inggris pada Rabu (18/5/2022) dinihari WIB. Pemain-pemain yang selama ini lebih sering duduk di bangku cadangan, kemarin diturunkan sebagai starter.

Hasilnya, Klopp mengaku puas dengan penampilan para pemainnya tersebut. Pelatih asal Jerman itu pun mengibaratkan mereka seperti barisan mobil Ferrari yang selama ini disimpan di garasi.

“Sejujurnya, saya merasa sangat senang dengan penampilannya. Penampilan mereka sungguh menyentuh,” kata Klopp, seperti dikutip dari Marca, Rabu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Wow, anak-anak ini. Seperti memiliki Ferrari di garasi dan kemudian Anda membiarkannya keluar dan mereka langsung melesat seperti ini,’’ katanya.

Lini Depan
Klopp setidaknya melakukan sembilan perubahan dibandingkan formasi ketika Liverpool mengalahkan Chelsea di final Piala FA. Di barisan lini depan, Klopp tidak menurunkan duet Mohamed Salah dan Sadio Mane yang selama ini menjadi lumbung gol Liverpool. Salah absen akibat mengalami cidera, Mane tidak dimasukan dalam skuad.

Sebagai solusinya, Klopp menurunkan Takumi Minamino sebagai starter untuk pertama kalinya di laga Liga Primer Inggris musim ini. Minamino melengkapi trio lini serang Liverpool bersama Diogo Jota dan Roberto Firmino.

‘’(Takumi) Minamino, itu adalah kejahatan dia tidak bermain lebih sering,’’ kata Klopp yang mengaku merasa bersalah karena lebih sering membangkucadangkan pemain Jepang tersebut.

Minamino menyumbang sebiji gol dalam kemenangan Liverpool 2-1 atas Southampton. Dalam 11 laga Liga Inggris musim ini, ia turun sebagai pemain pengganti sebanyak 10 kali dengan mengoleksi tiga gol.

Lini Tengah
Di barisan tengah, Klopp menurunkan gelandang Harvey Elliott yang musim ini baru empat kali tampil sebagai starter. Begitu pula Curtis Jones yang selama ini kalah bersaing dengan Thiago Alcantara di sektor kiri lini tengah Liverpool.

‘’Harvey (Elliott), saya sampai lupa kapan dia bermain terakhir kali. Curtis (Jones), tidak ada ritme,’’ kata Klopp.

Di lini belakang, Joel Matip menggantikan Virgil van Dijk untuk berduet dengan Ibrahima Konate di jantung pertahanan. Matip menyumbang satu gol lewat sundulan yang menjadi spesialisasinya.

Sementara, Joe Gomez menempati bek sayap kanan yang selama ini menjadi milik Trent Alexander-Arnold. Gomez merupakan ‘Ferrari’ lainnya yang selama ini lebih banyak ‘diparkir di garasi’ karena musim ini baru empat kali tampil sebagai starter.

‘Ferrari-Ferrari’ Liverpool bisa menjadi senjata rahasia untuk menghadapi Real Madrid di partai final Liga Champions pada 28 Mei mendatang. Apalagi, jika sejumlah pemain inti seperti Van Dijk dan Salah, tidak kunjung pulih jelang pertandingan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image