Ruud Gullit: MU Tidak Cocok untuk Haaland

Madrid  
Erling Haaland (Twitter/@erlinghaaland
Erling Haaland (Twitter/@erlinghaaland

JAKARTA -- Erling Haaland kemungkinan akan hengkang meninggalkan Borussia Dortmund pada musim panas ini. Lalu, klub mana yang layak untuk pelabuhan karier Haaland berikutnya.

Ruud Gullit, legenda sepak bola Belanda yang pernah memperkuat AC Milan dan Chelsea, punya jawabannya. Di kancah La Liga Spanyol, Gullit yang kini sudah berusia 59 tahun ini menyebut hanya ada satu klub yang cocok untuk Haaland.

"Di Spanyol, hanya Real Madrid yang menjadi pilihan,’’ kata Gullit, seperti dikutip Marca, Kamis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Gullit tidak menjelaskan pasti alasan mengapa hanya Real Madrid yang cocok untuk Haaland jika striker Norwegia itu memilih melanjutkan kariernya di Spanyol. Tapi, pastinya Los Merengues musim ini tampil luar biasa.

Madrid masih memimpin klasemen La Liga Spanyol dengan 50 poin dari 22 pertandingan. Barcelona, seteru abadi Real Madrid, tertinggal di posisi kelima dengan terpaut jauh 15 poin.

Di perempat final Copa del Rey, Real Madrid semalam memang baru saja disingkirkan Athletic Bilbao dengan skor 1-0. Athletic sebelumnya menyingkirkan Barcelona 3-2 di babak 16 besar.

Real Madrid masih memiliki kans mengawinkan gelar La Liga dan Liga Champions musim ini. Di pentas Eropa, Madrid akan menghadapi Paris Saint Germain di babak 16 besar.

Liga Inggris

Jika di Spanyol, pilihannya hanya Real Madrid, maka di Liga Primer Inggris, pilihannya lebih banyak sedikit. ‘’(Manchester) City akan bagus untuknya dengan Pep Guardiola. Tetapi, Jurgen Klopp dan Liverpool juga akan bagus,’’ kata Gullit.

Di bawah kepelatihan Guardiola, The Citizens --julukan Manchester City-- memang sukses meraih gelar juara. Mantan pelatih Barcelona itu membawa City tiga kali menjuarai Liga Primer Inggris dan sekali menjuarai Piala FA. Yang belum kesampaian hingga kini adalah trofi Liga Champions.

Liverpool pun bersinar terang bersama pelatih Juergen Klopp. Di bawah besutan pelatih asal Jerman itu, The Reds akhirnya bisa menjuarai Liga Primer Inggris setelah sabar menanti selama 30 tahun. Liverpool juga berhasil merebut gelar juara Liga Champions usai penantian panjang selama 14 tahun.

Gullit secara khusus menyarankan Haaland memilih Klopp daripada Guardiola. “Apa yang telah dilakukan Jurgen dengan klub itu luar biasa, Anda harus memuji dia. Dia pelatih yang selalu lapar. Itu cocok dengan Haaland, itu gayanya,’’ kata Gullit.

Gullit menilai hanya tiga klub tersebut yang layak untuk Haaland. Jika ingin berkembang lebih baik, Haaland disarankan untuk memilih Liga Primer Inggris.

‘’Saya melihatnya di Inggris. Tetapi, saya tidak menyarankan dia pindah ke Manchester United,” kata Gullit kepada sekelompok media dari seluruh dunia. ‘’Jadi, Itulah tiga klub yang layak bersaing memperebutkan Erling."

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image